Monday, September 18, 2006

Kaca Spion

Pernah tidak memperhatikan kaca spion, bentuknya, fungsinya, letaknya?
Mungkin juga ada yang sangat merasa terganggu oleh keberadaannya.
Lho kenapa demikian? bukankah keberadaan kaca yang satu ini sangat membantu bahkan sangat vital fungsinya bagi pengendara, terutama pengendara sepeda motor?.
Iya, itu juga yang menjadi kepenasaran saya kenapa adik saya yang masih ABG dan mungkin kebanyakan teman sebayanya yang punya motor sangat merasa terganggu dengan keberadaan kaca spion di motornya. Saya sangat khawatir kalau adik saya keluar dengan motornya yang tidak berkaca spion.
"gak keren kalau pake kaca spion" begitu alasannya.

Walaupun dipasaran sekarang banyak beredar kaca spion modif dengan aneka bentuk dan warna, tapi rupanya motor "tak berkaca spion" terlihat lebih cool dimata mereka. Hmmm.....
Kadang saya berpikir kenapa kendaraan harus pakai kaca spion?
Memang kalau diperhatikan bentuknya, apalagi yang standar, kadang gak matching sama motornya, secara disain kurang sreg mungkin ya....

Tapi bagaimanapun kaca spion, memiliki fungsi yang sangat vital.
Coba bayangkan (kalau mau lebih yakin, coba sekali-sekali) berkendara tanpa kaca spion, bagaimana rasanya?. Walaupun masih lancar-lancar saja, tapi pasti terasa ada yang kurang. Terutama kita akan kehilangan "mata" yang mampu melihat keadaan dibelakang kendaraan kita. Dijalan raya seperti sekarang ini dengan kendaraan yang sangat padat, sangat beresiko.
Kalu tidak mau leher sakit dan konsentrasi terganggu akibat sering menengok kebelakang, mau tidak mau pakai saja kaca spion.

Kaca spion, kalau tidak salah mungkin berasal dari kata "spionase" atau dalam bahasa Indonsia mata-mata". Dan memang begitulah fungsi kaca spion, untuk memata-matai keadaan dibelakang (kendaraan) kita.
Dalam hidup pun sebenarnya kita memerlukan "kaca spion" untuk memberikan gambaran kearah depan perjalanan hidup kita.
Mungkin kaca spion dalam hidup kita bisa diartikan sebagai "kenangan" masa lalu kita.

Seperti kaca spion, seyogyanya begitulah kita memperlakukan kenangan hidup kita.
Selalu ada sesuatu yang bisa kita ambil darinya, entah itu sebagai cerminan untuk kita bisa melangkah kedepan dengan lebih baik, tidak terjatuh pada lubang (kesalahan) yang sama atau untuk tersenyum mengenang indahnya masa-masa pacaran di SMA misalnya. Hmmm sangat menyenangkan bukan?
Tapi seperti kaca spion, cukuplah melihat kenangan sekali-kali saja, karena bagaimanapun hidup adalah perjalanan kedepan, jangan terpaku pada masa lalu. Jadikan masa lalu sebagai kaca spion yang akan memandu perjalanan kedepan.
Masa lalu hanya untuk dikenang, bukan untuk diingat-ingat. Itulah sebabnya mengapa disebut "kenangan".

Learn from other mistakes
You can't live long to experience it for yourself
Belajarlah dari kesalahan orang lain
Engkau tidak dapat hidup lama untuk
mendapatkan itu semua dari dirimu sendiri
(anonim)

No comments:

Post a Comment